Sunday, 11 December 2016

Kali ini kita akan membahas tentang Pengertian Sudut Istimewa Beserta Contoh Sudutnya. Semoga artikel ini bermanfaat, aamiin.

Pengertian Sudut Istimewa Beserta Contoh Sudutnya

Apa itu sudut istimewa ? atau apa yang dimaksud dengan sudut istimewa ? Jika kalian masih bingung dengan apa sih sudut istimewa itu, saya akan ngasih penjelasan sedikit dari pengetahuan saya dan mudah mudahan kalian paham dan mengerti ya

Pengertian Sudut Istimewa
Sudut istimewa ialah sudut dengan nilai perbandingan trigonometri yang dapat ditentukan nilainya tanpa menggunakan kalkulator. Sudut-sudut istimewa yaitu : 0°, 30°, 45°, 60°, 90° dan  seterusnya. Baiklah setelah membaca penjelasan diatas apakah kalian sudah mengerti. Mudah mudahan sudah, amin... "Sudut istimewa ialah sudut dengan nilai perbandingan trigonometri"  dalam pernyataan tersebut pasti ada sebagian orang yang bingung apa lagi tuh trigonometri, tenang saya akan bahas tentang itu juga.

Pengertian Trigonometri
Trigonometri ialah bagian dari ilmu matematika (tapi sering juga digunakan di pelajaran ipa/fisika) yang mempelajari tentang hubungan antara sisi dan sudut suatu segitiga serta juga fungsi dasar yang muncul dari relasi tersebut. Trigonometri merupakan nilai yang perbandingannya didefinisikan pada koordinat kartesius atau juga di segitiga siku-siku. Bagi kebanyakan para siswa, trigonometri identik dengan fungsi trigonometri yang meliputi sinus (sin), cosinus (cos), tangen (tan), cosecan (cosec), secan (sec), dan juga cotangen (cotan) yang kesemuanya merupakan cara untuk menentukan suatu sisi sebuah segitiga atau sudut yang terbentuk dari dua buah sisi dalam sebuah segitiga.


Manfaat Trigonometri Dalam Kehidupan Sehari-hari
Trigonometri ialah ilmu matematika yang sangat penting dalam kehidupan. Aplikasi ilmu trigonometri dalam kehidupan mencangkup segala bidang seperti astronomi, geografi, teori musik, elektronik, ekonomi, medical, teknik, dan masih banyak lagi. Dengan trigonometri kita bisa mengukur jarak suatu bintang diangkasa tanpa kita harus datang kesana. Dengan trigonometri kita bisa mengukur sudut ketinggian tebing tanpa kita harus memanjatnya. Bisa mengukur lebar suatu sungai tanpa kita harus menyeberanginya. Itulah manfaat dari mempelajari trigonometri dalam kehidupan sehari-hari.




6 comments:

  1. Wah Saya Baru Tahu Tentang Sudut istimewa,Bagus nih infonya

    ReplyDelete
  2. Masih sering lupa antara sin dan cos.

    ReplyDelete
  3. pas bgt lagi belajar ulang tentang ini gan, kan mau un :D makasih ya

    ReplyDelete
  4. akhirnya ketemu juga post tentang sudut istimewa. Nice Post Gan

    ReplyDelete