Saturday 10 September 2016

Kali ini kita akan membahas tentang 6 Isi Postulat Dalton Serta Penjelasannya. Semoga artikel ini bermanfaat, aamiin.

6 Isi Postulat Dalton Serta Penjelasannya

Saya akan memberikan enam isi postulat dalton, sebagai berikut :

1. Atom adalah bagian terkecil dari suatu unsur terkecil dari suatu unsur dan tidak dapat dibagi lagi. Postulat ini dibuat agar mempertegas pendapat Democritus yang menyatakan tentang bahwa jika suatu materi terus dibagi, suatu saat atau ketika akan sampai pada suatu partikel yang tidak dapat dibagi lagi. Dan partikel itu disebut atom.


2. Atom atom unsur sejenis mempunyai sifat yang sama meliputi volume, bentuk, ataupun massanya. Sebaliknya atom atom unsur tidak sejenis mempunyai sifat yang berbeda. Ponstulat ini merupakan gagasan baru Dalton. Menurut Dalton, atom merupakan bagian terkecil dari suatu unsur yang masih memiliki suatu sifat unsur itu.

3. Dalam reaksi kimia, terjadi penggabungan atau pemisahan atom. Selanjutnya atom-atom ditata ulang sehingga membentuk komposisi tertentu. Postulat ini didasari oleh hukum kekekalan massa dari Lavoisier, yaitu massa sebelum dan sesudah reaksi adalah sama. Oleh karena itu, tidak ada atom yang menghilang atau tercipta dari suatu reaksi kimia. Perubahan yang terjadi hanyalah berupa pemisahan dan penggabungann antar atom.

4. Atom dapat bergabung dengan atom lain untuk membentuk suatu molekul dengan angka pembading bulat dan sederhana. Postulat ini merupakan konsep molekul, yaitu antaratom dapat bergabung embentuk suatu molekul. Atom yang bergabung dapat sejenis ataupun tidak sejenis. Penggabungan beberapa atom sejenis disebut molekul unsur. Sedangkan penggabungan atom tidak sejenis disebut senyawa.

5. Atom tidak dapat diciptakan, dibelah maupun dimusnahkan. Menurut Dalton atom itu tidak bisa diciptakan dibelah ataupun dimusnahkan, tetapi atom bisa bergabung dengan atom lain. Dan setelah bergabung, atom tersebut bise dipisahkan kembali.

6. Ketika satu unsur bereaksi dengan unsur lain, atom dari unsur tersebut tidak berubah menjadi atom unsur lain. Dalam postulat ini Dalton berpendapat ketika satu unsur bereaksi dengan unsur lain, atom dari unsur tersebut tidak berubah menjadi atom unsur lain.

Semoga bermanfaat terus dukung Ipa-gampang.blogspot.com atau Ipa-gampang.blogspot.co.id dan ipsgampang.blogspot.com dan ipsgampang.co.id




No comments:

Post a Comment