Friday 11 September 2015

Kali ini kita akan membahas tentang Paru-paru Sebagai Organ Ekskresi dan Gangguan pada Paru-paru. Semoga artikel ini bermanfaat, aamiin.

Paru-paru Sebagai Organ Ekskresi dan Gangguan pada Paru-paru

A. Paru paru Sebagai Organ Ekskresi
Hasil gambar untuk paru paru


Paru paru adalah tempat pertukaran gas antara oksigen dan karbon dioksida. Peran paru paru sebagai organ ekskresi adalah mengekskresikan karbon dioksida (CO2) dan uap air (H2O).

B. Gangguan Pada Paru paru

1. Sesak Nafas (Asma)
Asma ialah penyakit radang paru-paru yang menimbulkan sesak napas dan mengigil yang berulang. Asma merupakan salah satu kelainan paru-paru paling banyak dan bervariasi. Otot dinding saluran udara berkontraksi seperti kejang, menyebabkan saluran udara menyempit, sehingga dapat terjadi sesak napas.

Hasil gambar untuk gangguan pada paru paru

2. Pneumonia
Yaitu radang paru paru yang disebabkan oleh bakteri Diplococcus Pneumonia. Peradangan dari gelembung udara mikroskopik paru-paru yaitu alveolus dan saluran udara terkecil yaitu bronkiolus atau biasa dikenal dengan pneumonia.

3. Kanker Paru paru
yaitu gangguan paru paru yang disebabkan oleh kebiasaan merokok. Penyebab lain karena terlalu banyak menghirup debu asbes dan krom. Kelainan ini mempengaruhi pertukaran gas di paru paru.

4. Emfisema
Emfisema ialah jenis penyakit paru obstruktif kronik yang melibatkan kerusakan dikantung udara (alveoli) di paru-paru. Akibatnya, tubuh tidak akan mendapatkan oksigen yang dibutuhkan. Emfisema membuat penderita sulit bernafas. Penderita mengalami batuk kronis dan sesak napas. Penyebab paling umum ialah merokok.

5. Silikosis
Silikosis ialah salah satu penyakit paru akibat lingkungan kerja. Penyakit ini merupakan suatu pneumokoniosis yang disebabkan oleh inhalasi partikel partikel kristal silika bebas.

C. Cara Menjaga Kesehatan Paru paru
1. Mengatur pola makan dengan mengonsumsi makanan yang sehat
2. Berolah raga dengan teratur
3. Istirahat minimal 6 jam/hari
4. Menghindari rokok, minuman beralkohol, dan narkoba
5. mempunyai ventilasi di rumah




No comments:

Post a Comment