Wednesday 16 September 2015

Kali ini kita akan membahas tentang Sistem Saraf Pusat. Semoga artikel ini bermanfaat, aamiin.

Sistem Saraf Pusat

Sebelum kita mempelajari tentang sistem saraf pusat sebaiknya pelajari dahulu tentang sel saraf (neuron). Sistem saraf terbagi menjadi 2 bagian yaitu sistem saraf pusat dan sistem saraf tepi. Sistem saraf pusat terdiri dari otak dan sum sum tulang belakang yang dilindungi oleh selaput meninges.

A. Otak 
Otak terdiri dari otak besar (cerebrum), otak tengah (mesecephalon), dan otak kecil (cerebellum). Diantara otak dan sum sum tulang belakang terdapat sum sum lanjutan (medulla oblongata). Berikut ini adalah penjelasannya :

1. Otak Besar
Otak besar merupakan salah satu bagian dari sistem saraf pusat. Otak berhubungan dengan fungsi tubuh manusia yang berkaitan dengan pikiran dan tindakan. Di antaranya berbagai bagian otak, otak besar atau serebrum adalah yang bagian yang terbesar, dan menyumbang 2/3 dari berat total. Ini terdiri dari sekitar 50 ribu hingga 100 ribu neuron yang mengirimkan informasi dari satu bagian tubuh ke bagian lain pada kecepatan yang luar biasa cepat.

Otak besar dibagi menjadi 2 bagian yaitu, otak kanan dan otak kiri. Setiap bagian memiliki fungsinya sendiri, otak kanan yang sering dikaitkan dengan kreativitas, sedangkan otak kiri sering dikaitkan dengan kemampuan berfikir logis.

2. Otak Tengah 
Otak tengah ialah bagian terkecil dari otak yang berfungsi sebagai stasiun relai untuk informasi pendengaran (inferior colliculi) dan penglihatan (superior colliculi). Otak tengah mengontrol berbagai fungsi penting seperti sistem visual dan pendengaran serta gerakan mata.

3. Otak Kecil
Otak kecil (Cerbellum)  merupakan bagian dari sistem syaraf pusat yang terletak diatas batang otak yang memiliki fungsi utamanya ialah sebagai mengontrol gerak dan dan kesetimbangan dan membantu belajar dan mengingat kemampuan motorik. Otak kecil ini terletak di bawa lobus oksipital serebrum.

4. Sum-sum lanjutan 
Bagian ini berfungsi untuk mengatur denyut jantung, suhu tubuh, tekanan darah, dan kecepatan pernapasan.

B. Sum-sum Tulang Belakang
Sum-sum tulang belakang adalah saraf yang tipis yang merupakan perpanjangan dari sistem saraf pusat dari otak dan melengkungi serta dilindungi oleh tulang belakang. Sum-sum tulang belakang memanjang dari ruas tulang leher hingga ruas tulang pinggang yang kedua. Fungsi sum-sum tulang belakang :
  • Menghantarkan impuls dari dan menuju otak
  • Sebagai pusat gerak refleks

Bonus Pantun :

Elok berjalan kota tua
Kiri kanan berbatang sepat
Elok berbini orang tua
Perut kenyang ajaran dapat




No comments:

Post a Comment