Saturday 27 February 2016

Kali ini kita akan membahas tentang Pengertian Asteorid, Komet, Meteorid, Meteor, Meteorit, dan Perbedaanya. Semoga artikel ini bermanfaat, aamiin.

Pengertian Asteorid, Komet, Meteorid, Meteor, Meteorit, dan Perbedaanya

 A. Pengertian Asteroid, Komet, Meteor, Meteorid, dan Meteorit

1. Asteorid
Asteroid adalah benda langit kecil dan padat yang terdapat dalam sistem tata surya kita. Asteorid terbentang di antara orbit planet Mars dan planet Yupiter. Struktur badannya tersusun dari batu, karbon, dan logam. Sama seperti benda langit lain, dia juga mengorbit matahari. Asteorid terbentuk oleh benda benda kecil semacam planet, yang juga tersusun atas gas beku dan debu, misalnya Ceres, Ceres berdiameter sekitar 770 km.



2. Komet
Komet adalah benda angkasa yang mirip dengan asteroid, tetapi hampir seluruhnya terbentuk dari gas (karbon dioksida, metana, dan air) dan debu yang membeku. Komet memiliki orbit atau lintasan yang berbentuk elips. Ketika dekat dengan matahari dia akan kelihatan mempunyai ekor yang terbentuk dari gas dan debu. Semakin dekat dengan matahari ekornya akan semakn panjang. Fenomena ekor pada komet ini terjadi karena radiasi dan angin dari matahari terhadap inti komet tersebut.

3. Meteorid
Meteorid adalah batu-batu angkasa berukuran kecil-kecil yang berada dan melayang-layang bebas di angkasa dan bergerak cepat. Lintasan meteoroid tidak beraturan dan tidak mengorbit pada Matahari. Meteoroid ini berasal dari reruntuhan komet dan asteroid yang mengorbit matahari. Kadang-kadang ada juga meteoroid yang berasal dari benda langit yang lain, seperti planet-planet dan bahkan bulan.

4. Meteor
Meteoroid adalah benda langit yang belum melewati atau memasuki atmosfer bumi dan tidak terpengaruh oleh medan grativitas bumi. Karena mereka mengalami gesekan yang hebat oleh atmosfer dan gerakannya pun yang cepat dapat menuju permukaan Bumi.

5. Meteorit
Meteorit adalah meteor yang tidak habis terbakar seluruhnya, sehingga meteor menyentuh permukaan bumi. Meteorit adalah meteoroid yang masuk ke dalam atmosfer Bumi, mengalami gesekan di atmosfer, dan jatuh ke permukaan tanah. Dari temuan-temuan meteorit inilah, para ahli mengetahui bahwa meteoroid terdiri atas batuan, besi, dan nikel.

B. Perbedaan Asteroid dan Komet
  1. Komet jika berada di titik dekat matahari akan memiliki ekor sedangkan asteroid tidak.
  2. Komet terbuat dari gas (karbon dioksida, metana, dan air) dan debu yang membeku sedangkan asteroid terbuat dari batu, karbon, dan logam.
 C. Perbedaan Meteorid, Meteor, dan Meteorit

  1. Meteoroid adalah benda langit yang belum melewati atau memasuki atmosfer bumi dan tidak terpengaruh oleh medan grativitas bumi.
  2. Meteor adalah benda langit yang memasuki lapisan atmosfer bumi dan terbakar karena gesekan dengan atmosfer bumi.
  3. Meteorit adalah meteor yang tidak habis terbakar seluruhnya, sehingga meteor tersebut jatuh di permukaan bumi.
Bonus Tebak Tebakan :

Ayam ayam apa yang besar ?
Ayam semesta





No comments:

Post a Comment