Friday 1 May 2015

Kali ini kita akan membahas tentang Pengertian dan Sumber Bunyi. Semoga artikel ini bermanfaat, aamiin.

Pengertian dan Sumber Bunyi

 A. Pengertian Bunyi

Bunyi atau suara adalah pemampatan mekanis atau gelombang longitudinal yang merambat melalui zat perantara. Kebanyakan bunyi adalah gabungan berbagai sinyal getar terdiri dari gelombang harmonis, tetapi suara murni secara teoritis dapat dijelaskan dengan kecepatan getar osilasi atau frekuensi yang diukur dalam satuan getaran Hertz (Hz) dan amplitudo atau dengan pengukuran dalam satuan tekanan suara desibel (dB).

B. Sumber Sumber Bunyi

Sumber bunyi ialah semua benda yang bisa menghasikan bunyi karena benda tersebut bergetar. seperti yang telah disebutkan di atas gitar merupakan salah satu sumber bunyi. Bunyi pada gitar berasal dari getaran senar-senar gitar yang dipetik. Saat kita memetik senar gitar maka senar gitar akan bergetar, getaran ini akan mengusik partikel udara di dalam rongga gitar. Rongga pada gitar berfungsi menampung gelombang yang dihasilkan oleh senar gitar.

Gelombang bunyi ini akan memantul ketika mengenai dinding rongga gitar sehingga gelombang ini akan mengalami penguatan. Hal ini menyebabkan petikan senar gitar terdengar nyaring. Sumber bunyi pada manusia berasal dari getaran pita suara di dalam kerongkongan.

C. Syarat, Sifat, dan Frekuensi Bunyi
a. Syarat terdengarnya bunyi ada 3 macam
  1.  Ada medium (udara)
  2.  Ada pendengar
  3.  Ada sumber bunyi
b. Sifat-sifat bunyi meliputi :

  1. Merupakan gelombang longitudinal
  2. Dapat dipantulkan
  3.  Merambat membutuhkan medium

c.  Bunyi bedasarkan frekuensinya dibedakan menjadi 3 macam :
  1. Infrasonik adalah bunyi yang frekuensinya kurang dari 20 Hz. Makhluk yang bisa mendengan bunyii infrasonik adalah jangkrik.
  2. Audiosonik adalah bunyi yang frekuensinya antara 20 Hz sampai dengan 20 kHz. atau bunyi yang dapat didengar manusia.
  3. Ultrasonik adalah bunyi yang frekuensinya lebihdari 20 kHz. makhluk yang dapat mendengar ultrasonik adalah lumba-lumba.
Telinga manusia normal hanya bisa mendengar 20 Hz - 2O kHz ( Audiosonik ). Dan hewan yang bisa mendengan Ultrasonik adalah Anjing dan Kelelawar



Bonus Pantun :

Makan roti pake sambel
Makan telor pake garem
Kalo ogut lagi kesel
Mata ogut suka merem



.




3 comments: