Friday, 15 August 2014

Kali ini kita akan membahas tentang Metamorfosis pada Makhluk Hidup. Semoga artikel ini bermanfaat, aamiin.

Metamorfosis pada Makhluk Hidup

Hewan hewan tertentu mengalami perubahan tahapan pertmbuhan dalam kehidupannya. Sebelum dewasa, hewan terebut melalui tahap larva atau nimfa terlebih dahulu. Bentuk larva sangat berbeda dengan hewan dewasanya. Sementara itu bentuk nimfa tidak jauh berbeda dengan hewan dewasanya. Perubahan bentuk secara bertahap yang dialami hewan semasa hidupnya disebut metamorfosis.Metamorfosis pada makhluk hidup dibedakan menjadi dua jenis, yaitu metamorfosis sempurna dan tidak sempurna.

1. Metamorfosis Sempurna

merupakan jenis perubahan hewan yang melalui 4 tahapan pertumbuhan dan perubahan, yakni: Telur ---> Larva --> Pupa --> Dewasa. Metamorfosis ini disebut juga dengan istilah holometabola atau holometabolisme. Adapun contoh hewan yang dikategorikan mengalami metamorfosis sempurna adalah  katak.

A. Tahap perkembangan metamorfosis pada katak
Contoh  metamorfosis sempurna adalah katak. Ia juga dimulai dari telur yang setelah memakan waktu kurang lebih sepuluh hari, telur katak tersebut akan bertransformasi menjadi apa yang disebut dengan berudu. Berudu ini seperti ikan kecil berwarna hitam yang memiliki struktur tubuh yang belum sempurna. Meski demikian, pada usia dua hari, berudu tersebut akan memiliki insang yang digunakannya untung bernafas. Menginjak usia kurang lebih 3 minggu, insang pada berudu secara alamiah akan hilang sebab tertutup oleh kulit yang tumbuh. Memasuki umur delapan minggu, pada berudu akan dijumpai kaki belakang yang mulai tumbuh. Selanjutnya, saat kaki belakang telah besarm baru kemudian kaki depan perlahan muncul sampai akhirnya tumbuh secara terus menerus hingga berudu mencapai usia kira-kira dua belas minggu. Selanjutnya, pada berudu juga akan muncul ekor yang terlihat pendek. Selanjytnya, berudu juga akan mulai bernafas menggunakan paru-paru dan secara perlahan menjelma menjadi katak yang dewasa dengan struktur badan yang sempurna.
Metamorfosis pada Makhluk Hidup

B. Tahap perkembangan metamorfosis pada kupu kupu
Daur hidup kupu kupu dimulai dari telur. Telur kupu-kupu biasanya berada di permukaan daun. Telur kemudian menetas menjadi ulat. Ulat makan selama berhari-hari, lama kelamaan ulat behenti makan, ulat mulai berubah menjadi kepompong.
Masa kepompong berlangsung selama berhari-hari. Jika telah sempurna, kupu kupu keluar dari kepompong. Kupu-kupu dewasa berkembang biak dengan bertelur. Dari telur itu, proses metamorfosis dimulai lagi.
Metamorfosis pada Makhluk Hidup

2. Metamorfosis Tidak Sempurna

 Metamorfosis tidak sempurna
adalah metamorfosis yang melalui tahap telur yang menetas menjadi nimfa, kemudian tumbuh dan berkembang menjadi imago (dewasa).

Nimfa adalah hewan muda yang mirip dengan hewan dewasa tetapi berukuran lebih kecil dengan perbandingan tubuh yang berbeda. Nimfa akan mengalami molting (pergantian kulit),setiap kali setelah molting mahluk hidup itu kelihatan lebih mirip dengan hewan dewasa.
Contoh metamorfosis tidak sempurna : jangkrik, belalang, kecoa.

1. Belalang
Metamorfosis pada Makhluk Hidup
Belalang adalah serangga herbivora yang terkenal sebagai hama dengan kemampuan melompat mumpuni (dapat mencapai jarak hingga 20 kali panjang tubuhnya).

Pada umumnya belalang berwarna hijau atau cokelat. Belalang terkait erat secara biologis dengan kecoa dan jangkrik dan masuk dalam kelompok serangga Orthoptera. Saat ini terdapat lebih dari 20.000 spesies belalang.


Bonus Pantun :
 
Sakit kaki ditikam jeruju,
Jeruju ada didalam paya,
Sakit hati memandang susu,
Susu ada dalam kebaya




1 comment: